Fungsi MS Word

Sebagaimana yang kita ketahui, MS WORD dipergunakan untuk membantu pembuatan dokumen berupa laporan ataupun makalah. Namun, adakalanya kita lupa memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada dalam  MS WORD, padahal dengan memanfaatkan fasilitas tersebut dapat membantu mempercepat pembuatan dokumen. Oleh karena itu, tulisan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali (terutama untuk saya pribadi) berbagai fasilitas yang ada dalam MS WORD.

  1. Jenis huruf
  2. Agar dokumen yang dihasilkan tidak terlalu banyak mengalami editing dalam masalah “font”, sebaiknya tentukan dulu default font yang akan dipergunakan. (Menu Home+ Font)

  3. Pembuatan Numbering
  4. Biasanya, pembuatan suatu dokumen mengacu kepada peraturan tertentu dalam pembuatan dokumen (misal Bab I Pendahuluan, Bab II Tinjauan Pustaka). Oleh karena itu, harus didefinisikan terlebih dahulu mengenai numbering yang sesuai dengan peraturan pembuatan suatu dokumen.

  5. Pembuatan Outline
  6. Biasakan bekerja dengan dokumen view berupa Outline. (Menu View + Document Views + Outline). Hal ini akan memudahkan kita untuk membuat poin-poin penting yang akan dituangkan dalam dokumen. Pembuatan dokumen dalam bentuk outline, minimal sampai dengan level 3. Ada kalanya pada saat perpindahan dari level 1 ke level 2 kita diharuskan untuk mengubah list level (Menu home+ Multiple List+Change List Level)

  7. Pemakaian Break Section
  8. Biasanya dalam suatu dokumen  terdapat perbedaan jenis penomoran halaman untuk tiap section (misalnya : halaman sampul biasanya tidak ada nomor halaman, Kata Pengantar & Daftar Isi & Daftar Tabel diberi nomor halaman jenis “i, ii, iii,…” ,  Bab I dst diberi nomor jenis “1,2,3…”) Oleh karena itu untuk setiap pergantian jenis halaman tersebut diberikan break section. ( Menu Page Layout +Break +Next Page).

  9. Penomoran Halaman
  10. Seperti yang telah disebut pada poin 4, maka penomoran halaman akan menggunakan fasilitas break section. Setiap section diberi nomor halaman seperti yang dikehendaki ( Menu insert + Page Number + Format Page Number + Page numbering + start at  … kemudian pilih letak nomor halaman bottom atau top of page) khusus halaman sampul, biasanya tidak ada nomor halaman, oleh karena itu header/footer nya perlu diedit (Menu insert + header/footer + edit header/footer + Design + pilih different first page)

  11. Pembuatan Daftar Tabel
  12. Tabel/Gambar/Bagan yang dibuat diusahakan diberi caption yang terdiri dari judul bab dan nomor gambar. (Menu References + insert Caption… pada option pilih label yang diinginkan, hilangkan tanda centang pada exclude label from caption). Untuk pembuatan daftar tabel/gambar/bagan maka pilih menu references + insert table of figures) maka daftar tabel dapat muncul secara otomatis. Apabila ada perubahan posisi halaman pada tabel/gambar/bagan, maka daftar tabel tinggal diklik kanan pilih update field.

  13. Pembuatan Daftar Isi
  14. Pembuatan daftar isi secara otomatis adalah dengan memilih references + table of contents. Apabila ada perubahan dalam letak halaman maka daftar isi tinggal di update (sama seperti update daftar tabel)

  15. Editing dengan Document Map
  16. Agar editing yang dilakukan dapat dilakukan dengan cepat maka dapat memanfaatkan fasilitas document map (Menu View + document map). Dengan fasilitas ini, perpindahan halaman yang akan diedit dapat berlangsung lebih cepat)

About these ads

4 Responses to Fungsi MS Word

  1. bahtiar says:

    makasih ya mas infonya…

    salam kenal

    di tunggu kunjungannya ya….

  2. subkhan says:

    info yang bagus…

    mas mau tanya… untuk poin nomer 8 yaitu editing dengan document map.

    masalah..
    1. pada suatu saat editing dengan decument map tidak ada masalah… artinya judul-judul / mungkin penomoran pada setiap halaman muncul pada document map. dalam peng-editan pun lancar-lancar saja, tinggal klik map mana kita mau meloncat.
    2. pada suatu saat membuka dokumen yang lain, dan memfungsikan document map tetapi ada beberapa point atau judul-judul tersebut pada halaman tertentu “tidak muncul di document map” sehingga peng-edit-an pada halaman yang dikehendaki tidak bisa. karena map tidak muncul..

    Pertanyaannya adalah :
    1. Kok bisa beda dengan dokumen saya yang nomer satu (pertanyaan no 1..?)
    2. Apa bisa di buat MAP SENDIRI sehingga bisa menambahkan map pada halaman yang tidak muncul tersebut…
    3. terimakasih…

    • imegawan says:

      Mungkin untuk document yang kedua, tidak melalui tahap nomor 3, yaitu pembuatan dokumen dengan outline terlebih dahulu. Sehingga tidak muncul dalam document map. Trims masukannya.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: